Surakarta, kpu-jatengprov.go.id — Bertempat di Ballroom Hotel Sunan, Surakarta, KPU Kota Surakarta menyelenggarakan Seminar Politik 2015 dengan mengambil tema “Potret Buram Partisipasi Pemilu : Move On !”, Jum’at (31/7). KPU Kota Surakarta mengundang perwakilan dari ormas/LSM, pelajar/mahasiswa, media, dan penyandang disabilitas sebagai peserta seminar.

Acara yang dimoderatori oleh Dr. M. Farid Wajdi, MM tersebut menghadirkan 3 pembicara yang ahli di bidangnya, antara lain Dr. Adam Tyson (Lcc University of Leeds – Inggris), Sigit Pamungkas, S.IP, MA (KPU RI) dan M. Yulianto, S.Sos, M.Kom (FISIP UNDIP Semarang).

Acara ini diselenggarakan guna mengkaji lebih dalam faktor semakin turunnya partisipasi masyarakat dalam pemilu sejak Pemilu 1999 sampai dengan Pemilu 2014.

“Sejak pemilu 1999, partisipasi cenderung mengalami penurunan dalam setiap periode pemilihan, pemilu nasional dan lokal,  kecuali pada pemilu 2014” Ujar Komisioner KPU RI, Sigit Pamungkas saat menyampaikan materi.

“Persoalan partisipasi pemilih senantiasa dikaitkan dengan peran penyelenggara pemilu. KPU dianggap pihak yang bertanggungjawab. KPU sebatas menyampaikan informasi agar pemilih bisa memilih dengan baik. Untuk pemilih mau datang ke TPS maka mobilisasinya ada di parpol dan kandidat”, sambung Sigit. (nar/red)29