Jakarta, kpu.go.id – Memantapkan langkah menuju reformasi birokrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meluncurkan Sistem Informasi Penyelenggara Pemilu (SIPP) di Ruang Sidang Utama Gedung KPU RI, Senin (9/11). SIPP adalah  media informasi tentang penyelenggara pemilu yang berbasis online. Dalam SIPP memuat informasi dan data para penyelenggara  pemilu mulai dari komisioner, pegawai KPU sampai badan ad hoc. Selain menyediakan data informasi tentang data diri dan riwayat penyelenggara, SIPP juga menyajikan data kinerja para pegawai KPU. Dengan adanya sistem informasi ini, penyelenggara pemilu semakin dituntun untuk meningkatkan kinerjanya.
“Konsekuensi dari kehadiran sistem ini, kita harus bekerja lebih disiplin,” kata Husni Kamil Manik, Ketua KPU RI periode 2012-2017.
Sistem ini juga akan meminialisasi adanya ketimpangan kinerja antar para pegawai karena semua elemen dipaksa bekerja dengan panduan sistem. Sehingga pola kerja menjadi sistemis dan mekanistis. Husni mengatakan kehadiran sistem ini akan menata kinerja individu yang telah ada.
“Sistem tanpa kinerja individu tidak berguna, sedangkan kinerja individu tanpa system, hasilnya tidak akan maksimal,” Ujar Husni mengingatkan.
SIPP bertujuan untuk menghasilkan data penyelenggara pemilu secara mutakhir dan terintegrasi. Dengan adanya SIPP rekam jejak kinerja para penyelenggara pemilu dapat dipantau publik dan dapat menjadi raport bagi individu penyelenggara pemilu.
Lucky Firnandy Majanto, Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal KPU mengatakan kualitas penyelenggara pemilu sangat berpengaruh dalam keberhasilan penyelenggaraan pemilu. Dan peluncuran SIPP ini akan semakin mendorong peningkatan kualitas SDM para penyelenggara.
“SIPP bertujuan untuk mewujudkan cita-cita dari reformasi birokrasi serta peningkatan SDM aparatur yang professional dan kompeten,” Ujar Lucky. (ftq/red. FOTO KPU/dosen/Hupmas)
sumber : www.kpu.go.id