Banjarnegara, kpu-jatengprov.go.id – Sebagai upaya menguatkan konsolidasi dengan pemerintah kecamatan pada pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2017 yang akan datang, KPU Kabupaten Banjarnegara menggelar kegiatan Sosialisasi Tahapan, Program dan Jadwal Pilkada Serentak Tahun 2017, bertempat di Kantor KPU Kabupaten Banjarnegara, Kamis (2/6).

KPU Kabupaten Banjarnegara mengundang Camat se – Kabupaten Banjarnegara sebagai peserta. Sedangkan narasumber yang dihadirkan, yaitu Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Drs. Fahrudin Slamet Susiadi, MM. dan Kepala Kantor Kesbangpollinmas Kabupaten Banjarnegara, Heri Purwanto, SE, M.Si.

Sekda Banjarnegara, menyampaikan beberapa hal penting tentang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara Tahun 2017. Pemda mempunyai kewajiban melaksanakan Pemilukada dengan menyerahkan penyelenggaraanya kepada KPU. Bentuk dukungan Pemda yaitu berupa penyediaan Anggaran, SDM serta infrastruktur yang dibutuhkan oleh KPU sebagai penyelenggara. Seluruh Camat diarahkan untuk membantu KPU, khususnya dalam pembentukan PPK dan PPS diwilayah masing-masing. Selain itu juga menyediakan  sumber daya PNS untuk menjadi Sekretariat PPK, juga memfasilitasi tempat untuk PPK.

Sementara Heri Purwanto menyampaikan beberapa dasar hukum Pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati tahun 2017, aturan-aturan mengenai pilkada serentak, juga dampak positif dan negatif dari pelaksanaan pilkada langsung.

Sosialisasi Pembentukan Badan Penyelenggara

Pada kesempatan itu juga disampaikan sosialisasi mengenai tahapan pembentukan badan penyelenggara di tingkat kecamatan (PPK) dan  di tingkat desa/kelurahan (PPS). Ketua KPU kabupaten Banjarnegara, Gugus Risdaryanto menyampaikan tahapan rekruitmen calon anggota PPK dan PPS serta beberapa syarat calon yang menjadi perhatian utama. Poin yang paling penting yaitu, syarat umur minimal 25 tahun, pendidikan minimal SLTA atau yang sederajat, dan belum pernah 2 periode menjadi anggota PPK/PPS. Periode I yaitu Tahun 2004 – 2009 dan Periode II yaitu Tahun 2009 – 2014.

Sedangkan untuk jadwalnya, Pendaftaran PPK dilaksanakan tanggal 21 Juni s.d 25 Juni 2016. Penyampaian usulan calon anggota PPS oleh Kepala Desa/Lurah bersama BPD/LP3M tanggal 25 Juni s.d 2 Juni 2016.

Jumlah anggota PPK yang akan dilantik sebanyak 5 orang tiap Kecamatan dan PPS sebanyak 3 orang tiap Desa/Kelurahan. (dok. foto : KPU Kab. Banjarnegara; nar/red)