Semarang,kpu.jatengprov.go.id- Setelah Launching pada tanggal 1 Juni 2016, Rumah Joglo Pemilu Provinsi Jawa Tengah resmi dibuka untuk umum bagi masyarakat yang ingin belajar tentang kepemiluan, sesuai dengan tujuan dari pembentukan RPP itu sendiri yaitu secara  umum tujuan dari RPP adalah meningkatkan partisipasi pemilih, baik secara kualitas maupun secara kuantitas dan secara khusus adalah untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemilu dan demokrasi , memperkenalkan nilai-nilai dasar pemilu dan demokrasi, meningkatkan pemahaman pentingnya demokrasi dan menanamkan kesadaran nilai-nilai demokrasi.

Untuk diketahui bahwa di Tahun 2016 ini, KPU Provinsi Jawa Tengah bersama dengan 10 ( sepuluh )  KPU Provinsi lainnya ditunjuk oleh KPU RI sebagai Pilot Project  dalam pembentukan Rumah Pintar Pemilu sebagai salah bentuk Pendidikan Pemilih. Pendidikan Pemilih, adalah usaha untuk menanamkan nilai-nilai yang berkaitan dengan pemilu dan demokrasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kepada warganegara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dalam pemilu atau potensial pemilih dalam rentang waktu , dalam pendidikan pemilih, setidaknya mencakup pemberian informasi kepemiluan, pemahaman mengenai aspek-aspek pemilu serta demokrasi.

Rumah Joglo Pemilu yang bertempat di Lantai 1 Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah, Jl Veteran No. 1 A, Semarang  dapat dikunjungi pada hari kerja yaitu  Senin sampai dengan Jum’at pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Untuk kunjungan rombongan dapat menyampaikan perihal kunjungannya melalui email: tekmas.kpujateng@gmail.com. RJP sudah dilengkapi dengan ruang audio visual untuk pemutaran film tentang kepemiluan atau demokrasi, ruang display atau pameran yang berisi materi-materi kepemiluan dan demokrasi, ruang simulasi pemungutan suara dan ruang diskusi yang bisa digunakan untuk melakukan diskusi/workshop/seminar/FGD bagi penggiat komunitas pemilu demokrasi.

Ke depannya Rumah Joglo Pemilu Provinsi Jawa Tengah akan dijadikan sebagai destinasi wisata pendidikan pemilu yang menarik bagi para pemilih terutama untuk pemilih pemula sehingga mereka akan mendapatkan arahan yang baik serta nantinya meraka memiliki pemahaman yang baik terhadap demokrasi.