Semarang, kpu.jatengprov.go.id-Untuk meramaikan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 Tahun 2016, KPU Provinsi Jawa Tengah menggelar Lomba Tujuhbelasan di lingkungan Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah pada hari Jum’at, 5 Agustus 2016 . Sebagian besar lomba yang diadakan adalah lomba yang tak pernah lekang oleh waktu dan sering kali dilakukan oleh lingkungan di sekitar kita, sekaligus mengenang masa kecil dimana setiap menjelang HUT Kemerdekaan RI selalu ada perlombaan tujuhbelasan.

Di tahun 2016 ini, lomba yang diadakan oleh Sekretariat KPU Provinsi Jawa Tengah cukup sederhana yaitu  Lomba Makan Kerupuk, Balap Sarung, memasukkan Pensil ke dalam botol, Balap Kelereng dan Lomba Karaoke. Meskipun tampak sederhana namun dibalik permainan tersebut terselip makna yang cukup mendalam yang berhubungan dengan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah dalam meraih kemerdekaan di masa itu, contohnya pada lomba balap sarung yang cara bermainnya adalah 3(tiga) orang masuk ke dalam 1(satu) sarung, mereka harus berusaha menjaga kekompakan dalam keterbatasan gerak didalam sarung supaya bisa berlari dan menuju garis Finish, maknanya adalah betapa sulitnya berlari dalam kungkungan sarung seperti halnya bangsa Indonesia pada saat itu yang berusaha membebaskan diri dari kungkungan penjajah. Diharapkan dengan adanya perlombaan ini, semangat kebersamaan dan gotong royong akan selalu terpelihara di lingkungan Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah akan disampaikan usai melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke 71 pada tanggal 17 Agustus 2018 yang akan diselenggarakan di Halaman Kantor KPU Provinsi Jawa Tengah.