Selesai melangsungkan Upacara hari  Senin, 3 Oktober 2016, dimana Ketua KPU Jawa Tengah, Drs. Joko Purnomo bertindak sebagai Inspektur Upacara,  SMA Negeri 3 Kota Semarang  melaksanakan Acara Debat Calon Ketua Osis SMA Negeri 3 Semarang Tahun 2016  , yang diikuti oleh  3 kandidat calon, yaitu Calon 1 Muhammad Abid Ilman  dengan slogan ” Aksi Nyata untuk Smaga”,  Calon 2 Brigita Vivian Melinda dengan slogan ” Smaga Berkarya Smaga Bisa” dan Calon 3 adalah Muhammad Bagus dengan membawa slogan “Berani untuk Beraksi”.

Hadir sebagai juri pada acara Debat tersebut adalah Ketua KPU Jawa Tengah, Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, S.Pd serta  2(dua) orang guru Mata Pelajaran Pkn yang sudah ditunjuk. Acara Debat tersebut diperuntukkan bagi para calon sebagai bentuk kegiatan kampanye sekaligus sosialisasi kepada para pemilihnya, masing-masing calon diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri kemudian menyampaikan visi dan misinya secara jelas , selain itu para calon juga membagikan leaflet berisi visi dan misinya dengan desain yang eye catching, untuk lebih menarik minat dan meyakinkan para pemilih  menjelang pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) SMA Negeri 3 Kota Semarang Tahun 2016, yang menurut jadwal akan dilaksanakan pada hari Kamis, 8 Oktober 2016.

Melaksanakan Pemilos menggunakan  sistem Pemilu ini merupakan proses pembelajaran demokrasi secara langsung terutama bagi pemilih pemula dan juga sarana edukasi tentang kepemiluan , selain itu menambah pengalaman mereka pada saat menghadapi Pemilu lainnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan nilai kejujuran dan sportifitas bagi siswa  dalam pelaksanaan Pemilos, siapapun yang terpilih menjadi Ketua OSIS diharapkan menjadi pemimpin yang dapat membawa perubahan positif bagi perkembangan OSIS sesuai dengan visi misi yang sudah disampaikan.