kpu-brebeskab.go.id-Brebes, 18 Nopember 2016. Puluhan masyarakat Kampung Budaya Jalawastu Desa Ciseureuh Kec. Ketanggungan Brebes antusias mengikuti kegiatan Sosialisasi yang diselenggarakan KPU Kab. Brebes di Balai Pertemuan Kampung Budaya Jalawastu dalam Rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes Tahun 2017. Hadir tamu undangan dalam acara tersebut Panwaskab Brebes, Muspika Kec. Ketanggungan dan PPK Kec. Ketanggungan.

Acara diawali penampilan alat musik tradisonal Deng Dong dan tarian Bajidor Kahot diperankan oleh warga yang menarik perhatian peserta. Pemangku Adat Dastam, S.Pd dalam sambutannya mengapresiasi acara tersebut dengan harapan nantinya dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan sebagai pencerahan kepada warga adat Jalawastu. Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Kab. Brebes Muamar Riza Pahlevi, SIP menekankan perlunya warga masyarakat Jalawastu mengetahui adanya pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2017 dan mengajak kepada warga Jalawastu yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih agar menggunakan hak pilihnya pada tanggal 15 Pebruari mendatang disertai himbauan agar segera membuat KTP elektronik bagi warga yang belum memilikinya.

Budayawan Brebes Wijanarto, S.Pd. M.Hum selaku Narasumber menyampaikan materinya Komunitas Adat dan Kontribusi dalam Ruang Demokrasi, adanya peran komunitas jalawastu dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati sangat penting sebagai sebagai wujud partisipasi yang bertanggung jawab dan emansipasi memilih pemimpin yang dapat menjaga kelestarian adat dengan menciptakan dunia yang beragam.

Dengan adanya acara Sosialisasi ini, diharapkan informasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Brebes dapat menyeluruh, tidak hanya di perkotaan dan pedesaan saja, akan tetapi juga sampai ke daerah pegunungan yang memiliki keterbatasan mobilitas.