kpud-cilacapkab.go.id,GANDRUNGMANGU-  KPU Kabupaten Cilacap terus mensosialisasikan PILKADA Cilacap Tahun 2017. Salah satu caranya adalah sosialisasi terhadap pemilih perempuan di Pendopo Kecamatan Gandrungmangu, Cilacap pada hari Kamis, 24 November 2016. Acara yang dibuka oleh Camat Gandrungmangu Luhur Satrio Muchsin, S.STP, M.Si dan diikuti sekitar 100 peserta yang berasal dari Kecamatan Gandrungmangu dan sekitarnya. Dalam sambutannya Camat Gandrungmangu mengajak peserta sosialisasi untuk menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS pada tanggal 15 Februari 2017 untuk mencoblos.

Selanjutnya acara dibawa oleh moderator yang berasal dari PPK Gandrungmangu M. Muhni. Dalam kesempatanya M. Muhni juga memperkenalkan 2 orang narasumber yaitu Aniroh, S.Ag, M.S.I selaku Komisioner KPU Kabupaten Cilacap dan Hanifah Muyasarah, S.Ag, M.Si Dosen IAIIG – UNUGHA Cilacap.

Sebagai narasumber yang pertama menyampaikan materi sosialisasi Aniroh, S.Ag, M.Si mengucapkan terima kasih kepada peserta sosialisasi yang sudah datang dalam acara tersebut. Menurut beliau pemilih perempuan di Cilacap lebih banyak dibanding pemilih laki-laki. Sebagai perbandingan dalam Pilpres 2014 yang lalu pemilih laki-laki sebanyak 741.199 (49,9%) dan pemilih perempuan sebanyak 743.328 (50,1%). Aniroh juga berharap dengan adanya sosialisasi ini, perempuan mempunyai kontribusi besar dalam PILKADA Cilacap Tahun 2017. Beliau juga menganjurkan untuk tidak terlibat dalam Money Politic.

Dalam acara tersebut juga ada hiburan door prize Boneka Cikura & PIN Cikura yang dibagikan kepada peserta sosialisasi dengan cara menjawab pertanyaan dari moderator dan menyampaikan pertanyaan yang dijawab oleh narasumber. Hal ini menambah antusiasme dan keaktifan peserta dalam sesi tanya jawab tersebut.

Selanjutnya Hanifah Muyasarah sebagai narasumber yang kedua memberikan materi dengan tema “Perempuan Tulang Punggung Perubahan”. Beliau sangat mengapresiasi KPU Kabupaten Cilacap atas penyelenggaraan Sosisalisasi Pemilih Perempuan di Kecamatan Gandrungmangu. Dalam kesempatan tersebut beliau juga memberikan pengertian demokrasi serta mengajak kaum perempuan di wilayah Gandrungmangu dan sekitarnya supaya terlibat dalam PILKADA Cilacap Tahun 2017 untuk pembangunan Cilacap kedepan. Ada beberapa kesimpulan yang bisa diambil dalam presentasi beliau diantaranya cermati visi misi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dan datang ke TPS pada tanggal 15 Februari 2017 mendatang.

Selanjutnya acara diakhiri dengan sesi foto bersama para peserta sosialisasi dengan kedua narasumber tersebut. Ketua PPK kecamatan Gandrungmangu M. Muhni saat dikonfirmasi mengatakan “ Dalam acara ini diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih, mengingat partisipasi pemilih di Kecamatan Gandrungmangu khususnya masih sangat rendah, dan saya berterima kasih kepada KPU Kabupaten Cilacap yang telah berkenan hadir dan mengisi acara tersebut.” ujarnya. (gempur wahyudi)