Semarang, kpu-jatengprov.go.id — Jelang hari pemungutan suara yang kurang dari satu bulan lagi, KPU Jateng ingin memastikan kesiapan jajaran di bawahnya dengan menggelar Rapat Evaluasi Kesiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2017 yang diikuti 7 (tujuh) KPU Kabupaten/Kota penyelenggara Pilkada Serentak 2017 di Jateng, bertempat di Aula I Kantor KPU Jateng, Jum’at (27/1).

“Hari ini kita akan memastikan kesiapan logistik dan distribusinya, badan penyelenggara, pendirian TPS, serta strategi pengelolaan formulir C1 KWK yang akan disajikan ke publik melalui SITUNG”, papar Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo.

Lebih jauh, menurut Joko melalui forum ini beberapa kendala teknis maupun kekurangan yang dialami di lapangan dapat dikoreksi sedari dini. Secara khusus Joko menekankan hal-hal krusial pada pengelolaan logistik yang harus menjadi perhatian KPU Kabupaten/Kota.

“Membagi logistik harus pas peruntukkan dan jumlahnya. Harus ada tim yang memastikan penghitungan pembagian surat suara dan dibuatkan berita acara yang diketahui Panwaslu dan pihak terkait lainnya. Jika ada sisa surat suara harus dimusnahkan, undang media untuk meliputnya”, terang Joko.

Di beberapa KPU Kabupaten/Kota ada kekurangan surat suara yang dikirim dan ditemukan surat suara yang rusak. Namun sudah melakukan komunikasi dengan pihak percetakan dan dapat dipenuhi kekurangannya sesegera mungkin. Pada prinsipnya KPU Kabupaten/Kota memastikan kesiapan logistik akan terpenuhi jumlahnya dan distribusinya akan tepat waktu.

KPU Kabupaten/Kota wajib memastikan LPSDK diterima KPU sesuai jadwal dan Kantor Akuntan Publik sebagai pihak yang mengaudit sudah ditetapkan sesuai tahapan Pilkada Serentak 2017. (nar/red)