Cilacap, kpu-jatengprov.go.id — Distribusi logistik pemungutan dan penghitungan suara di 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2017 telah sampai di tingkat TPS dan prosesnya berjalan lancar, meskipun ada beberapa TPS di Kabupaten Pati yang direlokasi karena wilayahnya tergenang banjir. Hal ini disampaikan Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Joko Purnomo di hadapan Ganjar Pranowo pada saat kunjungan Gubernur Jawa Tengah tersebut ke KPU Kabupaten Cilacap, Selasa (14/2).

“Kami dapat melaporkan bahwa proses distribusi logistik di Jawa Tengah tidak ada masalah.. Hari ini logisitik akan sampai di TPS. Hanya ada 1 TPS di Jepara yang perlu diantar menggunakan kapal. Sedangkan di Pati, sebanyak 27 TPS yang tersebar di 5 Kecamatan terpaksa harus direlokasi karena wilayahnya terendam banjir”, terang Joko.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Cilacap, Sigit Kwartianto secara khusus melaporkan perkembangan tahapan Pilkada Serentak 2017 di Kabupaten Cilacap. Untuk distribusi logistik secara umum tidak memiliki kendala, hanya saja membutuhkan waktu lebih karena luas wilayah.

“Kondisi geografis Cilacap menjadi tantangan. Di samping luasnya wilayah, ada juga beberapa desa yang aksesnya agak susah, sehingga membutuhkan kendaraan khusus, seperti di Dayeuhluhur dan Karangpucung. Sedangkan di Kampung Laut karena faktor rob,  sehingga semua logistik terlebih dahulu masuk plastik besar kemudian baru dimasukan ke kotak”, papar Sigit.

Untuk mendorong partisipasi pemilih, KPU Kabupaten Cilacap telah bersurat kepada beberapa perusahaan besar untuk mengijinkan pegawainya menggunakan hak pilih. KPU Kabupaten/Kota juga secara aktif mensosialisasikan kepada masyarakat yang tidak terdaftar DPT tetap bisa menggunakan hak pilihnya selama yang bersangkutan bisa menunjukkan KTP elektronik atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Di akhir kunjungan Ganjar memberikan arahan untuk semua pihak yang terlibat dalam pilkada. Ia merasa puas dengan kondisi persiapan pemungutan suara di Jawa Tengha, khususnya Kabupaten Cilacap dan memberikan dukungan kepada jajaran KPU dalam melaksanakan tugasnya.

“Mudah-mudahan pelaksanaan Pilkada di Jawa Tengah dapat berjalan lancar. Selamat bekerja untuk KPU Kabupaten Cilacap”, pungkas Ganjar. (nar/red)