Semarang, kpu-jatengprov.go.id –Bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah, Selasa (28/2),  KPU Jateng menggelar rapat bersama 4 (empat) Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KPPD) sebagai persiapan Gerakan Masyarakat Sadar Demokrasi dan menghadiri jambore nasional di Bogor, Jawa Barat.

“Kami berkomitmen untuk melibatkan komunitas. Komunitas yang telah kita bentuk akan terus kita kembangkan. Dalam waktu dekat akan ada kegiatan jambore nasional di Bogor dan lanjutan gerakan peduli pemilu dan demokrasi yang kali ini dinamakan dengan gerakan sadar demokrasi”, terang Wahyu Setiawan, S.Sos, M.Si.

Komunitas yang terdiri dari Komunitas Kajian Demokrasi Indonesia (KKDI) yang concern pada  Kajian (UU dan Peraturan Pemilu/Pemilihan) , Komunitas Payung  Putih Demokrasi (Patih Demokrasi) untuk bidang Pemantauan (Tahapan Pemilu/Pemilihan), Komunitas Joglo Pemilu Pintar pada bidang Pendidikan Pemilih, dan Komunitas Peduli Pemilu Untuk Semua ( KPPUS) tentang Isu-isu khusus perempuan, marjinal, disabilitas dan lain-lain didorong untuk semakin mengepakkan sayapnya dengan membuat berbagai kegiatan yang menarik minat masyarakat untuk ikut terlibat dalam setiap proses kepemiluan.

“Pada forum ini kita rembugan membahas kegiatan-kegiatan yang akan kawan-kawan lakukan. Yang terpenting kegiatan ini harus bermakna edukasi dan bernilai tinggi. Gerakan masyarakat sadar demokrasi ini harus kita dengungkan dan tularkan”, lanjut Wahyu.

Lebih jauh menurutnya, KPPD adalah agen-agen demokrasi yang akan sangat efektif untuk menyentuh setiap lapisan masyarakat sampai kepada lapisan terbawah.

Di akhir acara, KPPD diminta menyusun proposal program dan kegiatan yang akan diselenggarakan masing-masing komunitas dan diserahkan kepada KPU Jateng. (nar/red)