Brebes, kpu-jatengprov.go.id – Proses input dan entry data suara pemilihan pada pilkada Brebes 2017 sedikit terhambat akibat bencana banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Brebes. Proses rekapitulasi yang tengah dilaksanakan di tiap kecamatan tidak berjalan maksimal. Begitu juga, entry data suara pemilihan yang telah masuk ke KPU Brebes juga dilakukan di hotel akibat kantor KPU di Jalan MT Haryono Saditan Brebes terendam Banjir, Jumat (17/2).

Entry data C1 yang tengah dilakukan secara marathon pun terpaksa dipindah di aula hotel Grand Dian yang dianggap tidak akan mengganggu proses. “Kantor KPU kebanjiran, padahalkami sedang melakukan entry data C1 per kecamatan, karena tahapan sekarang masih berjalan rekapitulasi di tingkat PPK, tidak semua pihak PPK bisa cepat juga karena berbagai hal, “kata Ketua KPU Brebes M Riza Pahlevi.

Banjir yang terjadi akibat luapan sungai Pemali yang jebol di Desa Lengkon, Kecamatan Wanasari dan sekitarnya hingga menggenangi sejumlah desa sehari sebelumnya, terus meluas hingga ke wilayah Saditan Brebes dan desa sekitarnya. Sejumlah kantor pemerintahan dan sekolah pun turut terendam, termasuk kantor KPU dan Panwaslu juga tak luput dari limpasan banjir. Kondisi ditambah dengan meluapnya Sungai Sigelang dari arah Timur.

Riza melanjutkan, kendati kantor KPU terendam banjir hingga memasuki ruangan, namun pihaknya telah melakukan langkah antisipasi penyelamatan dokumen penting yang ada. Termasuk mengevakuasi proses C1 yang tengah dilakukan. Pihaknya memastikan, jika entry C1 ini akan selesai sesuai dengan jadwal yang sudah diagendakan. “Terhambat ya. Tapi tidakmempengaruhi proses tahapan. Setelah entry C1 selesai 17 kecamatan, maka tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten yang diagendakan akan dilaksanakan pada 22 Februari mendatang,” Jelas dia.