Semarang, kpu-jatengprov.go.id — Pusat Studi Masyarakat Pedesaan Jawa Tengah (PSMP Jateng) bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri menggelar “Sekolah Pendidikan Politik” bertempat di Aula I Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran No. I A, Semarang, Sabtu (4/3).

Kegiatan dengan tema pendidikan politik untuk pemilih pemula ini diikuti oleh 70 orang peserta yang terdiri dari para pelajar Kota Wali, Kabupaten Demak antara lain MTs. Miftahul Ulum, MA An Nur Karang Tengah, SMAN 1 Guntur dan SMK Al Hikmah Guntur.

“Jateng akan punya gawe besar, sehingga kalian perlu tahu proses-proses pemilihan dan cara memilih pemimpin yang benar”, terang Jazuz Kholil Syifauddin, S.Pdi, Ketua PSMP Jateng kepada para peserta.

Lebih jauh menurutnya dengan hadir langsung ke KPU Jateng dan mendapat materi dari komisioner KPU Jateng akan membuat peserta yang merupakan calon pemilih pemula mendapat pengetahuan yang lebih komprehensif.

Anggota KPU Jateng, M. Hakim Junaidi, S.Ag, M.Ag yang hadir sebagai narasumber menjelaskan proses-proses pemilu dan pilkada dari tahapan persiapan sampai pelaksanaan.

“Pemilu tidak sesederhana yang dibayangkan, ada masa persiapan dan pelaksanaan. Sebagai contoh untuk Pilgub Jateng 2018 dan Pemilu 2019, sejak tahun ini segala sesuatunya sudah harus direncanakan dan dipersiapkan”, jelas Hakim.

Agar lebih memahami pemilu, Hakim mengajak seluruh peserta mengunjungi Rumah Joglo Pemilu (RJP) KPU Jateng untuk melihat sejarah pemilu, alat peraga, dan informasi pemilu yang berbentuk audio visual. (nar/red)