Semarang,kpu-jatengprov.goid- KPU Provinsi Jawa Tengah kembali terjun ke lapangan untuk melakukan sosialisasi Rumah Joglo Pemilu dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018. Acara sosialisasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Mei 2017  di Agrowisata Kampoeng Kopi Banaran, Bawen Kabupaten Semarang bertujuan untuk mengenalkan lebih awal kepada masyarakat tentang perhelatan Pilgub Jateng yang akan digelar setahun lagi  , tepatnya Rabu, 27 Juni 2018 . Pada pelaksanaan Pilgub Jateng 2018  akan  diselenggarakan serentak dengan Pemilihan Walikota/ Bupati dan Wakil Walikota/ Wakil Bupati di 7 Kab/Kota (Kab. Banyumas,  Kab. Tegal, Kab. Temanggung, Kab. Magelang , Kab. Karanganyar, Kota Tegal dan Kab. Kudus)

Setelah mendapatkan informasi dari kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat berpartisipasi lebih aktif lagi pada setiap tahapan Pilgub Jateng 2018 mulai tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, tahapan kampanye,  tahapan tungsura sampai pada menggunakan Hak Pilihnya pada hari H nantinya   karena ,Pilkada Serentak 2018 merupakan perhelatan akbar yang memerlukan peran dan partisipasi aktif masyarakat” ungkap Dra. Sri Lestariningsih, M.Si., Kabag HTH KPU Jateng

Dengan demikian masyarakat tidak hanya sekedar memilih tetapi menjadi pemilih yang cerdas dalam menentukan pilihannya sehingga nantinya akan terpilih pemimpin yang  mampu membangun daerahnya. Agar masyarakat lebih mengetahui  tentang kepemiluan KPU Jateng telah menyediakan sarana Rumah Pintar Pemilu  yang menyediakan  antara lain  data sejarah pemilu, penyelenggaraan pemilu hasil pemilu dan lain-lain  , RPP  bisa dikunjungi oleh pelajar mulai anak SD sampe Perguruan Tinggi  maupun masyarakat umum.

Dalam sosialisasi di Agrowisata yang terkenal dengan Kopi nya yang sangat khas dan terkenal , pengunjung sangat antusias mengenai kapan Pilgub Jateng akan dilaksanakan dan juga Pemilu 2019, hal tersebut dapat dilihat dari Stand/booth pameran dan tim yang menyebar diarea Kampoeng Kopi Banaran yang dihampiri oleh banyak pengunjung. Kabag HTH Dra. Sri Lestariningsih, M.Si. yang tampil ceria pagi hingga siang tampak bersemangat menceritakan apa saja isi dari RJP KPU Jateng. “Kalau ingin melihat bagaimana sejarah, proses penyelenggaraan dan hasil Pemilu Dan Pilkada mari mamie ke RJP KPU Jateng di Jl. Veteran 1A, Semarang”, tutur beliau  dengan senyum khasnya.

“Mereka juga tampak bersemangat soal penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Tengah”, papar Ikhwanuddin, Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah yang memimpin langsung kegiatan tersebut.